Minggu, 04 Maret 2012
Sebuah paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki susunan kalimat yang padu baik bentuk maupun makna kalimat tersebut dan umumnya hanya terdiri atas sebuah ide pokok / gagasan utama diuraikan dalam beberapa kalimat penjelas.
Gagasan utama merupakan pokok / inti utama dari penjelasan isi paragraf. Gagasan utama dapat dikatakan sebagai sebagian kecil dari kalimat utama karena gagasan utama umumnya ditemukan pada kalimat utama.  Sedangkan kalimat penjelas merupakan kalimat penjabaran dari makna apa yang ingin disampaikan oleh gagasan utama.
Berdasarkan letak gagasan utamnya, paragraf dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :
a.     Paragraf Deduktif
b.     Paragraf Induktif
c.      Paragraf Deduktif – induktif

1.           Paragraf Deduktif
Paragraf ini menggunakan pola pengembangan paragraf dari umum-khusus yakni mengungkapkan sesuatu hal yang bersifat umum lalu dikuti dengan penjelasan yang bersifat khusus dari pernyataan umum tersebut.
2.          Paragraf Induktif
Paragraf ini menggunakan pola pengembangan patagraf dari khusus-umum yakni mengungkapkan sesuatu hal yang bersifat khusus terlebih dahulu lalu diikuti oleh sebuah kalimat yang bersifat umum atau penegas yang biasa disebut dengan sebuah kalimat kesimpulan.
3.           Paragraf Deduktif – induktif
Paragraf ini menggunakan pola campuran, yakni merupakan paragraf yang dimulai dengan sebuah kalimat utama, diikuti oleh beberapa kalimat kalimat penjelas, dan diakhiri oleh sebuah kalimat utama yang  mempunyai ide pokok sama dengan kalimat yang pertama. Intinya pada paragraf ini terdapat dua kalimat utama yakni pada awal kalimat dan di akhir kalimat.
Contoh dan ciri – ciri masing – masing paragraf :

Paragraf Deduktif

Keberhasilan dunia pertanian membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan pemuliaan tanaman. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kuanti­tas dan kualitas produksi tanaman pangan. Usaha tersebut diterapkan pada hampir semua jenis tanaman, misalnya: padi, palawija, buah, sayur, dan tanaman hias. Padi yang ditemukan sekarang mempunyai umur singkat, batang pendek, dan butir gabah banyak. Buah-buahan yang dijual di pasar selalu berkualitas tinggi. Begitu juga dengan sayur dan tanaman hias, semuanya menunjukkan kon­disi baik.

Analisis :
-         Kalimat utama berada di awal paragraf (kalimat berwarna merah)
-         Kalimat – kalimat penjelas berada tepat setelah kalimat utama (kalimat berwarna hitam)

Ciri – ciri :
-         Letak kalimat utama berada di awal paragraf tersebut
-         Biasanya kalimat tersebut mencakup / memayungi makna dari kalimat – kalimat penjelas berikutnya
-        Berpola umum – khusus



Paragraf Induktif

Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional

Analisis :
-          Kalimat utama berada di akhir paragraf ( kalimat berwarna merah )
-          Didahului dengan kalimat – kalimat penjelas lalu diakhiri kalimat utama tersebut

Ciri – ciri :
-         Kalimat utama berada di akhir kalimat
-         Umumnya kalimat utama disebut juga sebagai kalimat kesimpulan karena menggunakan kata – kata konjungsi sebagai penyimpul antarkalimat
-     :     Berpola khusus – umum

Paragraf Deduktif – Induktif

Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN.

Analisis :
-         Kalimat utamanya tidak hanya berada pada awal paragraf namun di akhir kalimat pun juga terdapat kalimat utama sebagai penegas kembali kalimat utama sebelumnya

Ciri – ciri :
-         Kalimat utamanya berada di depan dan diakhir kalimat
-         Berpola campuran

3 komentar:

Belajar Bareng mengatakan...

thanks y
atas penjelasannya

Unknown mengatakan...

ty ya

Unknown mengatakan...

kayaknya masih ada yg kurang dhe krn ada contoh tetapi nggak ada cara mensusunya

Posting Komentar